PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Qaryatul Jihad Bengkulu Tengah)

  • Abd. Hakim MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe learning together, kerjasama, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dalam meningkatkan kerjasama siswa, prestasi belajar IPS, dan efektivitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi, dimana setelah melakukan  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas VII MTs qaryatul Jihad yang terdiri atas 28  siswa, sedangkan, kuasi eksperimen dilaksanakan di kelas VIIA MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah sebagai kelas eksperimen, dengan 30 siswa, dan VIIB sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes prestasi belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan rumus nilai rata-rata dan uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dapat meningkatkan kerjasama, prestasi belajar IPS siswa, dan efektif meningkatkan prestasi belajar IPS dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-31
How to Cite
Hakim, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Qaryatul Jihad Bengkulu Tengah). Jurnal As-Salam, 2(1), 9-18. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i1.5