PILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PAI DI BENGKULU TENGAH

Authors

  • Carona Elianur Kementerian Agama Bengkulu Tengah

DOI:

https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142

Keywords:

Media Pembelajaran Daring, Guru PAI

Abstract

Abstract: This research was conducted to find out the learning media used by islamic education teachers in implementing online learning. This online learning is carried out throughout schools in Indonesia, to prevent the spread of coronavirus (covid-19). The formulation of the problems in this study are: (a) What is the media used by islamic education teachers in Bengkulu in teaching online ?; and (b) What is the response of islamic education teachers in Bengkulu Tengah to online learning ?. This type of research is a descriptive study with a quantitative approach. The research subjects taken were islamic education teachers in Bengkulu Tengah district. Data collection techniques using online questionnaires. The conclusions obtained in this study are: (a). The media used by islamic education teachers in Bengkulu in teaching online is the Whatsapp application and zoom cloud; and (b) islamic education teacher responses in Bengkulu Tengah to online learning the majority of teachers said that online learning was not effective.

Keywords: Online Learning Media, PAI Teachers

 

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring ini dilakukan diseluruh sekolah di Indonesia, untuk menghambat penyebaran coronavirus (covid-19). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (a) Apa media yang digunakan oleh guru PAI di Bengkulu tengah dalam mengajar secara online?; dan (b) Bagaimana tanggapan guru PAI di Bengkulu Tengah terhadap pembelajaran secara daring?. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah guru PAI di kabupaten Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara online. Kesimpula yang didapat dalam penelitian ini yaitu: (a). Media yang digunakan oleh guru PAI di Bengkulu tengah dalam mengajar secara online adalah aplikasi Whatsapp dan zoom cloud; dan (b) Tanggapan guru PAI di Bengkulu Tengah terhadap pembelajaran secara daring mayoritas guru mengatakan bahwa pembelajaran secara daring tidak efektif.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Daring, Guru PAI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (1985). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Bandung: Armico.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BNPB. (2020). Virus Corona COVID-19. Retrieved from https://www.covid19.go.id/

Daradjat, Z. (1970). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Kementerian Agama RI. (2012). Peraturan Menteri Agama RI No 2 Tahun 2012. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama RI. (2020). Qur’an Kemenag. Retrieved from https://quran.kemenag.go.id/

Sudjana, N. dan I. (1989). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Sinar Baru.

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) Pandemic. Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/

Zainiyati, H. S. (2013). Media Pembelajaran PAI (Teori dan Aplikasinya). Surabaya: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UNM Press.

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Elianur, C. (2020). PILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PAI DI BENGKULU TENGAH. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142