About the Journal

TUJUAN DAN CAKUPAN

Tujuan Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam (JPMA) adalah menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui program pengabdian atau layanan kepada masyarakat untuk mengembangkan teori keilmuan, konsep pemikiran, model, dan hasil penelitian. Pengabdian atau layanan kepada masyarakat yang dimaksud adalah upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kemampuan (skill) sehingga meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat atau komunitas.

Tujuan Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam (JPMA) menerbitkan hasil pengabdian yang mencakup beberapa bidang dengan prioritas topik atau isu sebagai berikut:

  1. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika pendidikan yang terjadi di sekolah/madrasah dan lembaga pendidikan lain baik formal maupun informal. Isu pada bidang ini misalnya adalah peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran, pengingkatan kemampuan guru dan siswa terhadap penguasaan teknologi atau media pembelajaran, optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler sekolah, dan problematika lainnya yang terjadi di institusi pendidikan.

  1. Pemberdayaan masyarakat atau komunitas

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika yang terjadi di sekelompok masyarakat atau komunitas profesi tertentu. Isu pada bidang ini misalnya adalah peningkatan strategi pemasaran (marketing) Usaha Kecil Menengah (UKM), pedampingan pelaku usaha produk lokal/tradisional, dan pemberdayaan ekonomi keluarga mandiri.

  1. Kesehatan

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika masyarakat di bidang kesehatan, juga mencakup sekolah, madrasah, dan pondok pesantren. Isu pada bidang ini misalnya adalah peningkatan kesadaran hidup bersih, peningkatan pemahaman kesehatan reproduksi, dan penanggulangan stunting atau gizi buruk di masyarakat.

  1. Lingkungan

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika di bidang lingkungan. Isu ini berkaitan dengan membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, upaya merawat kelestarian alam, dan optimalisasi kawasan khusus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

  1. Sosial

Cakupan bidang ini bertujuan untuk menyelesaikan problematika di bidang sosial masyarakat. Isu pada bidang ini berkaitan dengan upaya untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di masyarakat dan upaya mereduksi masalah-masalah sosial yang lainnya.