PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY BAGI MAHASISWA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH

Authors

  • Dina Syarifah Nasution STAIN Mandailing Natal
  • Cut Dara Ilfa Rahila IAIN Takengon, Aceh Tengah, Aceh, Indonesia
  • Muhammad Hasyimsyah Batubara IAIN Takengon, Aceh Tengah, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37249/jpma.v1i2.309

Keywords:

Pelatihan, Mendeley, Karya Ilmiah

Abstract

Aturan terbaru dalam publikasi di jurnal terakreditasi dan jurnal internasional mengharuskan penulisan citasi dalam artikel dengan memamfaatkan citation & reference manager seperti Mendeley. Mahasiswa dalam pengamatan yang kami lakukan masih menulis citasi dan daftar pustaka dalam karya ilmiah dengan cara manual, kemudian belum mempunyai wawasan memamfaatkan Mendeley. Dampak dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk mengangkat bobot karya ilmiah mahasiswa dengan pendekatan kemampuan citasi. Pendekatan yang diterapkan ialah ceramah, praktek, dan tanya jawab. Adapun mitra pada program ini ialah mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Semester V IAIN Takengon sebanyak 13 orang. Dampak kegiatan memperlihatkan adanya pemahaman baru dan peningkatan kemampuan peserta dalam mengoperasikan dan membuat kutipan dengan Mendeley, sehingga mahasiswa merasa mudah menulis dan terbangun drajat karya ilmiah.

References

BPPB. (2016). KBBI Daring. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesiah. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/menulis

Heriyudanta, Muhammad. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. ASCARYA: Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 61-71.

https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5

Karim, M. F., & Mursitama, T. N. (2015). Menulis Akademik. Depok: Linea Pustaka.

Lele, G., & Dkk. (2010). Panduan Penulisan Akademik. Yogyakarta: Fisipol UGM.

Retrieved from infeksius.com/wp-content/uploads/2017/01/Menulis-Akademik.pdf

Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. (2017). Pengantar & Instalasi Mendeley. Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Retrieved from http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=336

Persadha, D. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis Di Kalangan Mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1 - 20.

doi:http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v6i1.159

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1-16.

https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Internet:

https://www.mendeley.com/guides/desktop/

https://www.mendeley.com/download-reference-manager/linux

https://www.mendeley.com/reference-management/web-importer

https://www.mendeley.com/reference-management/reference-manager

https://www.mendeley.com/reference-management/mendeley-desktop

https://www.mendeley.com/guides

https://www.mendeley.com/?interaction_required=true

https://www.elsevier.com/solutions/mendeley

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Nasution, D. S., Rahila, C. D. I., & Batubara, M. H. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY BAGI MAHASISWA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i2.309